MATERI 1.1 – PROSES BISNIS DI BIDANG TJKT
TUJUAN PEMBELAJARAN
Proses Bisnis di Bidang TJKT
Peserta Didik diharapkan Mampu:
1. Memahami
Proses Bisnis pada Bidang Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi
2. Merencanakan
Kebutuhan Bisnis kepada konsumen atau pelanggan Bidang Teknik Jaringan Komputer
dan Telekomunikasi.
3. Menganalisis
Strategi Implementasi (Instalasi dan Konfigurasi Kepuasaan Pelanggan)
MATERI PEMBELAJARAN
A. Proses
Bisnis pada Bidang Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi
Proses
bisnis adalah sekumpulan aktifitas yang memang dirancang untuk menyelesaikan
tujuan tertentu dalam sebuah organisasi seperti pelanggan dan pasar
karakteristik nya seperti : memiliki tujuan, memiliki input tertentu, memiliki
output, menggunakan sumber daya, memiliki sejumlah aktifitas yang dilakukan
dalam suatu urutan, dapat mempengaruhi lebih dari satu unit organisasional,
menciptakan suatu nilai untuk konsumen.
Teknologi
informasi menyediakan alat dan kemampuan untuk merespon tekanan-tekanan dari
berbagai kebutuhan bisnis dalam bidang Teknologi Informasi. Bisnis menghadapi
tekanan untuk menghasilkan lebih banyak dengan sumber daya yang lebih modern.
Komputer
sendiri memiliki beberapa bagian yang berbeda, contoh sebagai berikut
1. Hardware
adalah komponen penting yang digunakan untuk bisa memasukan segala bentuk data
kemudian disusun menjadi sebuah informasi, semua itu dapat dilakukan melalui
input device dan output device.
Hardware
pun memiliki beberapa komponen, contohnya :
a. CPU
b. Memory
c. Media
Penyimpanan
2. Software
adalah program yang mengendalikan operasi dari hardware komputer untuk
melakukan proses pengubahan data menjadi informasi.
Komponen yang ada dalam teknologi informasi :
a. Data
Data adalah fakta mentah yang tidak terorganisasi.
b. Informasi
Informasi
adalah data yang terorganisir memiliki makna.
c. System
System
adalah komponen–komponen yang berinteraksi untuk mencapai tujuan Bersama
d. Komputer
Komputer
adalah peralatan elektronik yang beroperasi dibawah instruksi yang terkontrol
dan tersimpan pada memory alat tersebut.
Ada banyak sekali proses bisnis dalam dalam bidang Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi, hal ini bertujuan untuk lebih mengembangkan kemampuan di bidang Teknologi Informasi baik oleh perusahaan ataupun perseorangan. Berikut adalah beberapa alasan proses bisnis di bidang Teknik jaringan komputer dan telekomunikasi.
1. Mempermudah
Cara Komunikasi
Contohnya adalah penggunaan email sebagai sarana utama berkomunikasi antara satu orang dengan yang lainnya. Email adalah salah satu pendorong awal Internet, Penggunaannya sangat mudah dan relatif jauh lebih murah jika dibandingkan dengan faksimile untuk berkomunikasi. Selama bertahun-tahun, sejumlah alat komunikasi lainnya juga berkembang, yang memungkinkan seseorang untuk saling berkomunikasi dengan menggunakan sistem chat (chatting), alat pertemuan online dengan sistem konferensi video seperti webinar, Voice over internet protocol (VOIP) dan masih banyak lagi lainnya.
2. Memberikan
Pengetahuan dan Sumber Informasi
Melalui internet, kita hanya membutuhkan satu klik dan semua informasi sudah tersedia di depan mata kita. Semakin banyak pengetahuan yang kita peroleh mengenai bisnis, maka semakin berkembang pula bisnis yang sedang kita kelola. Selain itu kita dapat dengan mudah untuk mencari informasi yang berkaitan dengan kompetitor kita
3. Manajemen
Data
Sebagian besar perusahaan menyimpan versi digital dari dokumen pada server dan perangkat penyimpanan atau yang disebut dengan database. Dokumen-dokumen ini menjadi langsung tersedia bagi semua orang di perusahaan, terlepas dari lokasi geografis mereka. Perusahaan yang mampu menyimpan dan memelihara sejumlah besar data historis secara ekonomis, dan karyawan dapat mengakses langsung dokumen yang mereka butuhkan.
4. Sistem
Informasi Manajemen
Sistem Informasi Manajemen (SIM) memungkinkan perusahaan untuk melacak data penjualan, biaya dan tingkat produktivitas. Informasi ini dapat digunakan untuk melacak profitabilitas dari waktu ke waktu, memaksimalkan laba atas investasi dan mengidentifikasi bidang yang perlu perbaikan. Manajer dapat melacak penjualan setiap hari, yang memungkinkan mereka untuk segera bereaksi terhadap angka yang lebih rendah dari perkiraan dengan meningkatkan produktivitas karyawan atau mengurangi biaya item.
5. Customer
Relationship Management
Perusahaan menggunakan TI untuk memperbaiki cara mereka merancang dan mengelola hubungan terhadap pelanggan. Customer Relationship Management (CRM) adalah sebuah sistem yang dapat menangkap setiap interaksi perusahaan terhadap para pelanggan, sehingga terdapat data kronologis pelanggan jika sewaktu-waktu dibutuhkankarena data record. Salah satu contohnya pelanggan menghubungi call center karena mendapatkan masalah, mengenai informasi pengiriman barang yang ia pesan.
6. Aktivitas
Bisnis Selama 24 jam
Dengan
adanya perkembangan teknologi informasi sangat membantu para pelaku bisnis
untuk melakukan aktivitas jual beli selama 24 jam, tidak seperti toko
offline yang segala aktivitasnya sangat dibatasi oleh ruang dan waktu.
Pelaku bisnis dapat membuat Toko Online sendiri, membuat Online Shop di
marketplace dan sosial media, dan lain sebagainya yang memanfaatkan Teknologi
Informasi.
Sumber :
Buku Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi SMK Kelas X
*** Evaluasi Pembelajaran Materi 1 / Tugas Mandiri ***
1. Tulis
Rangkuman Materi 1 diatas pada Buku Matpel.
2. Foto
hasil tulisan rangkuman, Lalu kirimkan ke email pfiqo@gmail.com
Posting Komentar